Setahun Aliran Air Mampet, Warga Gondorejo Resah

0
81

Nusantara.news, Kota Batu – Aliran air di Rt04 dan Rt05 RW12 Perumahan Puri Indah dalam setahun terakhir macet total. Akibatnya 80 KK terpaksa merepotkan tetangga dan sanak keluarga yang sudah berlangganan air PDAM.

Ketua RT 5 Dusun Gondorejo, Didik Sulistyo mengatakan, 80 warga itu memang berlangganan air dari HIPAM (Himpunan Pengguna Air Minum) Batu, yakni perkumpulan swadaya masyarakat lokal dalam pengelolaan air dengan mengambil pada sumber-sumber mata air sekitar.

Dirinya sempat beberapa kali mendatangi HIPAM, sebagai perwakilan warga namun belum ada solusi konkrit sampai saat ini.

Ia menjelaskan bahwa beberapa hari lalu aliran air mati total, air hanya mengalir setiap di atas jam 11 malam. Alhasil warga harus berjaga tiap malam untuk mengambil air dengan ember dan dirigen. Menggunakan sumur pun sama repotnya. Warga bebondong-bondong mengambil air, sehingga banyak yang tidak kebagian air.

“Menurut informasi mereka, permasalahannya ada di sumber. Aliran yang harusnya 12 kubik/detik. Sekarang hanya 3 kubik/detik,” jelas Didik.

Didik juga sempat mendatangi Kepala PDAM Kota Batu, karena ia menganggap bahwa PDAM bisa memberikan solusi dan menjadi alternatif warga mendapatkan air.

“Kami minta solusi, agar PDAM mempercepat pemasangan pipa. Lalu kami juga minta kejelasan dan keringanan biaya pemasangan pipa, soalnya warga ini bingung. Kasihan warga,” ungkap Didik.

Dia menambahkan, di lereng Panderman, PDAM menemukan pipa-pipa air liar. Didik menambahkan, PDAM akan membantu warga dengan syarat harus ada pernyataan secara resmi dari HIPAM bahwa HIPAM tidak mampu mencukupi air di Gondorejo.

“berdasar pada temuan PDAM mengatakan bahwa banyak temuan pipa air liar yang tidak diketahui kapan, dan siapa yang memasang diam-diam tanpa pemberitahuan kepada PDAM, di lereng Gunung Panderman,” imbuh didik.

Warga menduga, bahwa aliran air tidak sampai wilayah kelurahan bawah karena air habis dipakai homestay dan penginapan yang berlokasi di lereng gunung Panderman. Memang sejak tahun 2014 mulai banyak pembangunan villa, hotel, homestay, penginapan di daerah tersebut. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here