Setelah Kalah, Merebak Upaya Bongkar Kasus Hukum Ahok

0
276
Menista agama, akhirnya membawa Ahok ke pengadilan.

Nusantara.news, JAKARTA – Setelah kalah di Pilkada DKI Jakarta, merebak upaya mengusut kasus hukum yang diduga melibatkan Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok. “Pertanyaan itu memang merebak ke permukaan sekarang ini,” pengamat politik Universitas Indonesia (UI), Kamarudin di Jakarta, Sabtu (23/3/2017).

Akankah karir politik Ahok akan berakhir dan semua kasus hukumnya akan dibongkar? Yang menonjol adalah dugaan korupsi pembelian lahan Rumah Sakit (RS) Sumber Waras dan terakhir proyek e-KTP. Dugaan korupsi lahan pembelian RS Sumber Waras terjadi saat Ahok Gubernur DKI Jakarta, sementara kasus e-KTP terjadi ketika dia menjadi anggota DPR RI.

Kamarudin menuturkan, pilkada itu adalah proses politik dan kasus RS Sumber Waras ada di ranah hukum. Namun di Indonesia sering terjadi kaasus hukum seseorang dibongkar setelah tak lagi menjabat. Mungkin karena dianggap sudah tidak lagi berkuasa dan tidak lagi bisa dijadikan ATM oleh aparat hukum.

Tetapi lepas dari kasus hukum itu akan dibongkar atau tidak, Kamarudin memrediksi karir Ahok akan berakhir.

“Sampai detik ini, karir Ahok belum berakhir. Tapi, prediksi ini bisa berubah jika Ahok dibui lewat kasus penistaan agama. Ingat, seharipun Ahok divonis itu berarti sudah terpidana dan itu berarti Ahok selesai,” katanya.

Menurutnya, mengakhiri karir Ahok lewat kasus penistaan agama sangat mungkin. Sebab, kasus ini tidak terkait dengan orang-orang besar di republik ini.

Lain halnya dengan kasus-kasus selain itu. Misalnya, kasus RS Sumber Waras dan terakhir proyek e-KTP yang melibatkan banyak pihak dan orang-orang kuat.

Kini, nasib Ahok diujung tanduk. Kasus penodaan agama yang menempatkan Ahok sebagai terdakwa dengan agenda pembacaan tuntutan telah digelar Kamis (20/4) di Audotorium Kementerian Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Ahok dijerat oleh jaksa dengan pasal 56 dan  dituntut 1 tahun dengan 2 tahun masa percobaan.

Rakyat akan menanti, apakah keadilan benar-benar akan ditegakkan di negeri ini tanpa pandang bulu. Ataukah hukum hanya berlaku bagi kalangan bawah. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here