Setiap Bulan, 10 Ribu Jamaah Umrah Berangkat Lewat Juanda

0
235

Nusantara.news, Surabaya –Sedikitnya 10 ribu orang umat Islam dari Jawa Timur, setiap bulan berangkat umrah ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo. Angka tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, usai melepas 400 orang jamaah umrah dari Pondok Pesantren Kedunglo Al Munadharoh di Bandara Internasional Juanda, Sabtu (11/3/2017).

“Bandara Juanda Surabaya setiap minggu melayani tujuh kali penerbangan dari Surabaya menuju ke Jeddah, Mekkah dan Madinah. Direncanakan dalam beberapa waktu ke depan akan ditambah jumlah penerbangan ke tanah suci menjadi delapan penerbangan dalam satu minggu,” kata Saifullah Yusuf.

Dari jumlah tersebut, banyak dari sejumlah maskapai penerbangan yang dapat menampung sedikitnya 280 hingga 450 orang jamaah setiap kali terbang. Secara keseluruhan, tidak kurang dari 2.500 orang jamaah umrah setiap minggu berangkat melalui Bandara Juanda, yang dapat mengangkut jamaah dari wilayah Jawa Timur dan daerah sekitarnya.

“Jumlah jamaah yang besar tersebut jika diakumulasi dalam sebulan bisa mencapai 10 ribu orang yang akan melaksanakan ibadah umrah melalui Jatim. Ini sesuatu hal yang istimewa. Semoga dengan banyaknya maskapai penerbangan menuju Tanah Suci melalui Surabaya, semakin banyak jamaah yang bisa berangkat ke tanah suci,” tegasnya.

Dihadapan ratusan jamaah umrah, Gus Ipul sapaan Saifullah Yusuf, menuturkan, ibadah umrah merupakan salah satu kegiatan ibadah yang sangat istimewa bagi umat muslim Indonesia, termasuk umat dari Jawa Timur. Banyak orang menginginkan untuk bisa berangkat dan beribadah di Tanah Suci Mekkah, namun karena sejumlah faktor, mereka belum bisa menunaikannya.

“Kita patut bersyukur, bagi yang akan melaksanakan umrah untuk melakukan beribadah dengan khusyuk. Apalagi ini di dampingi oleh guru, kiai kita KH. Abdul Latief Madjid, Pengasuh Perjuangan Wahidiyah,” ungkapnya.

Pihaknya kemudian berpesan, seluruh jamaah umrah yang berangkat beribadah ke Tanah Ssuci untuk dapat menjalankan ibadah dengan baik dan khusuk, agar mendapat ridho dari Allah SWT.

“Semoga seluruh jamaah diberi kelancaran dalam perjalanannya, diberi kemudahan dalam beribadah dan selalu diberi kesehatan yang cukup,” ucap Gus Ipul seraya ikut mendoakan perjalanan dan selama beribadah di Tanah Suci diberikan kemudahan.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here