Siapakah Raja Fir’aun?

0
874
Mumi Fir’aun Ramses II, Jenazahnya diawetkan di museum Mesir

Nusantara.news, Jakarta – Siapakah Raja Fir’aun yang mengaku dirinya sebagai tuhan tersebut? Seperti diketahui, Fir’aun adalah gelar bagi raja-raja Mesir purbakala. Fir’aun Ramses II merupakan Raja Mesir Kuno yang dikenal sebagai “Leluhur Besar”. Ramses II diangkat sebagai Fir’aun pada usia 24 tahun, dia mengendalikan sepenuhnya Mesir dalam waktu 20 tahun pertama.

Sebagai raja, ia memimpin beberapa ekspedisi ke Israel, Lebanon dan Suriah. Ia juga memimpin ekspedisi ke selatan, ke Nubia, dan bagian awal kekuasaannya adalah fokus dalam pembangunan kota, kuil dan monumen

Saat Nabi Musa dilahirkan, Ramses II berusia 54 tahun dan sudah mengangkat dirinya sebagai tuhan. Kala itu, kekuasaannya sudah berlangsung selama 30 tahun.

Fir/aun Ramses II

Dialah yang menentang Nabi Musa dan mengaku sebagai tuhan. Jasad Fir’aun yg mengejar Nabi Musa as dan Bani Israil yang masih utuh tersimpan di sebuah museum  di Mesir. Jasad tersebut telah dilakukan satu bedah forensik oleh sekumpulan pakar  forensik di antaranya Prof. Dr. Maurice Bucaille. Bedah yang dilakukan di Perancis itu mendapati bahwa itulah jasad Fir’aun yang telah ditenggelami air  seperti yang dinyatakan di dalam Al Qur’an.

Ramses II memerintah Mesir Kuno selama 66 tahun pada 1279-1213 Sebelum Masehi (SM). Dia meninggal pada usia kurang lebih 90-an, dimakamkan di  Lembah Raja-raja. Mumi dari Fir’aun Ramses II sendiri saat ini berada di Egyptian Museum, Kairo. []

 

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here