Tangkal Isu SARA, Generasi Muda Jember Gelar Diskusi Publik

0
255

Nusantara.news, Jember – HMI Komisariat Sunan Ampel STAIN Jember bersama Komunitas Merakyat Dengan Etika (Merdeka) menyelenggarakan diskusi publik bertema “Media, Toleransi dan Ketahanan Nasional, Senin (27/2/2017). Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menangkal berbagai opini publik bermuatan SARA dan memecah belah negara yang menyebar melalui media, baik konvensional maupun elektronik.

Widi Prasetyo Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemkab Jember sebagai salah satu pembicara menyatakan pentingnya diskusi publik ini bagi generasi muda Jember untuk menangkal berbagai informasi hoax yang berkembang di masyarakat.

“Penyelenggaraan acara diskusi publik ini perlu dilakukan secara continue untuk memberikan pembelajaran kepada generasi muda agar dapat memilah-milah berita hoax yang ada di media massa,” ungkap Widi.

Generasi muda diharapkan menjadi filter bagi berkembangnya berita negatif atau hoax sehingga situasi kondusif dapat terbangun. Widi menambahkan, diperlukan penangkal berita hoax maupun yang mengandung unsur SARA melalui media mainstream. Menurutnya, media mainstream dibutuhkan untuk membangun opini publik yang berkualitas sehingga dapat dijadikan alat penyaring informasi.

Sementara itu, Kun Wasis selaku pembicara dalam diskusi menjelaskan, jika media mainstream harus mulai beranjak dari belenggu kepentingan politik. “Media mainstream harus mulai berfikir tentang membangun persepsi publik yang sehat. Diharapkan masyarakat akan belajar cerdas untuk memilih setiap muatan media yang ada,” tutupnya. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here