Tiga Petahana di Pilkada Lampung Melenggang, Satu Tumbang

0
229
Logo Pilkada Serentak KPU

Nusantara.news, Jakarta – Pilkada serentak 2017 di Provinsi Lampung diikuti oleh 5 Kabupaten, masing-masing Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Mesuji, Kabupaten Tulangbawang, Kabupaten Tulangbawang Barat, dan Kabupaten Pringsewu.

Kabupaten Lampung Barat satu-satunya Kabupaten yang tidak menyertakan petahana, sebab Bupati petahana Mukhlis Basri sudah menjabat bupati dua periode. Toh demikian, adik kandungnya Parosil  Mabsus yang berpasangan dengan Mad Hasnurin ditetapkan sebagai pemenang oleh KPUD setempat.

Hasil gambar untuk Pasangan Parosil Mabsus-Mad Hasnurin

Pasangan Parosit Mabsus-Mad Hasnurin meraih 92.124 suara. Mengandaskan pasangan  Edy Irawan Arief – Ulul Azmi yang hanya meraih 69.470 suara. Dengan mengungat selisih suaranya yang cukup besar, hampir dipastikan Parosit menggantikan kakak kandungnya menjadi Bupati Lampung Barat.

Sedangkan di empat kabupaten lainnya, tiga pasang incumbent berdasarkan hitung cepat Rakata Institut bakal melenggang sebagai pemenang. Satunya lagi tumbang. Petahana yang diperkirakan tumbang tak lain pasangan Bupati-Wakil Bupati petahana Tulang Bawang Hanan A Rozak – Heri Wardoyo

Hasil gambar untuk Pasangan Hanan A Rozak – Heri Wardoyo

Hanan A Rozak – Heri Wardoyo yang tumbang oleh versi hitung cepat

Versi hitung cepat Rakata Institut, pasangan ini hanya meraih 39,99% suara, tertinggal lebih dari 10 % oleh pasangan Winarti-Hendriwansyah yang merih 49,81% suara. Satu calon lainnya, Syarnubi-Sholihah hanya kebagian 10,20% suara.

Hasil gambar untuk Pasangan Umar Ahmad-Fauzi Hasan

Umar Ahmad-Fauzi Hasan yang mengalahkan bumbung kosong

Tiga petahana yang melenggang masing-masing Umar Ahmad-Fauzi Hasan yang mengalahkan bumbung kosong dengan suara 97,62 %. Dua lainnya diraih pasangan Sujudi-Fauzi di Kabupaten Pringsewu, dan pasangan Khamami-Saply di Kabupaten Mesuji.

Hasil gambar untuk Pasangan Pasangan Sujadi-Fauzi

Pasangan Sujudi-Fauzi unggul dengan 47,31 % suara, mengalahkan dua pasangan pesaingnya, masing-masing pasangan Ardian Saputra-Dewi Arimbi yang meraih34,57% suara dan pasangan Siti Rahma-Edi Agus Yanto yang mendulang 18,13% sisanya.

Gambar terkait

Adapun di Kabupaten Mesuji, pasangan petahana Khamami-Saply unggul telak 71,09 % suara dibandingkan pesaingnya pasangan Febrina Lesisie Tantina-M Adam Ishak (28,91%).

Namun ketiga petahana yang dinyatakan menang oleh Rakata Institut mesti bersabar menunggu hasil rekapitulasi berjenjang KPUD setempat. Petahana yang kalah masih bisa berdoa. Siapa tahu hasil hitung cepat tak sesuai hasil rekapitulasi suara berjenjang KPUD setempat. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here