Titik Lemah dan Titik Unggul Jokowi

0
252

Nusantara.news, Jakarta –¬†Calon petahana selalu punya keuntungan dan kelebihan yang tidak dimiliki kandidat lain di Pilkada maupun Pilpres. Keuntungan inilah yang sedang dimanfaatkan Jokowi sebagai Capres¬†incumbent¬†untuk berlari meninggalkan lawan politiknya di anak tangga bawah elektabilitas dan popularitasnya.

Jokowi cukup berhasil memanfaatkan kekuatannya sebagai petahana untuk kepentingan pencapresan 2019. Keberhasilan itu setidaknya bisa dibenarkan dari sejumlah indikator. Jokowi mampu merangkul hampir semua kelompok-kelompok pemilih, sehingga gelombang kritik dari parlemen dan publik hanya terdengar parau. Tampaknya itu pula yang membuat elektabilitas dan popularitas Jokowi yang dicitrakan merakyat ini yang terus menunjukkan tren meningkat berdasar beberapa hasil survei.

Baca: Mencari Super President

Tetapi calon petahana seperti Jokowi bukan tanpa kelemahan. Secara ketokohan, gaung figur Jokowi belum memantul ke semua arah. Faktor kewibawaan menjadi salah satu aspek lemah Jokowi. Ketokohan yang cenderung berat sebelah ini justru menjadi titik lemah yang selalu dieksploitasi lawan politik dengan cara menunggangi kelompok berseberangan dengan Jokowi lewat isu SARA.

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here