Tokoh Lintas Agama Kota Batu Gelar Buka Bersama di Gereja

0
129

Nusantara.news, Kota Batu – Isu perpecahan yang melanda Indonesia akhir-akhir ini dijawab oleh sejumlah tokoh masyarakat Kota Batu dengan menggelar acara buka bersama di Gereja Gembala Baik, Jalan Ridwan, Kota Batu, Malang, Jum’at (2/6/2017).

Acara yang digagas oleh Pemuda Lintas Iman, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Polres Batu dan Gereja Katolik Gembala Baik, sekaligus memperingati Hari Pancasila yang jatuh 1 Juni 2017.

Perwakilan dari FKUB Kota Batu, Arifin kepada Nusantara.news, di Kota Batu, Sabtu (3/6/2017) mengatakan, dengan acara ini pihaknya  berusaha membuka ruang-ruang komunikasi apabila ada suatu permasalahan sensitif terkait dengan aneka perbedaan yang terus dieksploitasi

“Pertemuan tersebut sekaligus merekatkan masyarakat Koyta Batu yang majemuk,” kata Arifin.

Arifin menegaskan, dengan acara itu Kota Batu membuktikan tidak ada masalah dengan kemajukan. Acara buka puasa bersama di gereja itu memperlihatkan bahwa perbedaan dapat dirajut dan mozaik kehidupan yang aman, rukun, sejahtera dan harmonis. “Bukankah di situ  letak semangat dan hakekat Pancasila, yakni meskipun berbeda-beda kita tetap satu Indonesia? Melalui acara itu kami juga ingin tonjolkan bahwa kebhinekaan bisa menjadi nafas hidup setiap masyarakat Indonesia,” tandasnya.

Dalam acara itu terdengar lantunan shalawat menggema di seluruh ruang gereja. Suasana juga tampak guyub walau yang hadir merupakan perwakilan masyarakat yang beragam. Para undangan dan tokoh masyarakat se-Kota Batu larut dalam suasana harmonis dalam acara bertajuk Silaturahmi Ramadhan Forum Lintas Iman Kota Batu.

Uskup Malang Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan dalam kesempatan itu menyampaikan pesan yang menyerukan perdamaian dan kerukunan antar umat beragama. “Jangan sampai terbawa suasana perpecahan. Sebagai keluarga kita harus terus ciptakan kerukunan di rumah kita bersama yakni Indonesia,” ujarnya.

Sementara KH. Zain Baik, tampil menyampaikan ceramah mengenai spirit keberagaman dan semnagat toleransi antar umat beragama.

Acara diakhiri dengan doa yang dibacakan Ketua PCNU Kota Batu, Ahmad Budiono, dilanjutkan dengan forum komunikasi bebas dan formal, di mana umat lintas beragama saling bercengkrama penuh persaudaraan. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here