Tokoh Masyarakat Lumajang Kampanyekan “Turn Back Hoax”

0
43

Nusantara.news, Lumajang – Merespon maraknya berita-berita bohong alias hoax di media sosial dan mudah disebarluaskan, Polres Lumajang mencanangkan gerakan bersama masyarakat melawan hoax. Untuk itu Polres Lumajang mengkampanyekan gerakan Turn Back Hoax. Kegiatan ini dilakukan dengan menggandeng semua elemen masyarakat, TNI dan pemerintah. Tujuannya adalah melawan isu-isu bohong yang sangat meresahkan.

“Mari kita lawan berita-berita bohong dengan melakukan tabayyun, atau cross check kebenaran berita itu agar tidak mudah menelan mentah-mentah kabar yang belum tentu benar,” ujar Kapolres Lumajang AKBP Raydian Kokrosono SIK, Jum’at (31/03/2017).

Masyarakat pengguna media sosial, baik facebook, twitter, instagram atau aplikasi jenis lainnya, menurut Kapolres, jangan mudah menyebar informasi yang tidak valid. Terlebih lagi berita-berita yang menimbulkan keresahan di masyarakat dan berhubungan dengan isu SARA maupun isu penculikan anak.

“Masyarakat pengguna media sosial harus dewasa dalam menyikapi informasi yang beredar. Cross check benar atau tidak dan jangan mudah menyebar karena bisa berbahaya bagi diri dan orang lain,” terangnya.

Sementara itu, As’at Malik, Baupati Lumajang, juga terus mengkampanyekan gerakan melawan kabar hoax. Dalam setiap pertemuan, Bauptai As’at meminta masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan kabar yang tidak jelas sumbernya dan bersifat meresahkan.

“Saya kemarin mengajak Kelompok Infomasi Masyarkat (KIM) untuk ikut melawan kabar hoax. Jangan mudah meyebar kabar di medsos yang tidak jelas dari mana asalnya,” tegasnya. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here