Tokoh Populis Masuk Daftar Manusia Paling Berkuasa 2016

0
80

Nusantara.news, New York – Siapa manusia paling berkuasa di dunia saat ini? Majalah Forbes kembali menobatkan nama-nama tokoh yang disebutnya paling berkuasa di dunia. Di antara sejumlah nama, tokoh-tokoh pemimpin populis masuk dalam daftar, Donald Trump, Rodrigo Duterte, hingga Recep Tayep Erdogan. Apakah ini cerminan ke mana arah perubahan kepemimpinan dunia ke depan?

Presiden Amerika terpilih, Donald Trump menempati peringkat kedua manusia paling berkuasa di dunia saat ini versi Forbes. Peringkatnya melejit pesat dari sebelumnya, pada 2015 di peringkat 72 sekarang berada di urutan kedua.

“Mendapat imunitas dari skandal, parlemen dan kongres di pihaknya, dan sosok dengan kekayaan bersih triliunan,” demikian alasan Forbes menempatkan sosok fenomenal dalam Pilpres Amerika 2016 ini dalam jajaran manusia paling berkuasa di dunia sebagaimana dikutip forbes.com (14/12).

Meski masih menempati urutan ke-70, nama Presiden Filipina Rodrigo Duterte mulai dihitung sebagai pemimpin yang paling berkuasa di dunia, demikian juga Presiden Turki, Recep Erdogan yang menempati urutan ke-56.

Posisi peringkat pertama masih ditempat Presiden Rusia Vladimir Putin, dan ini keempat kalinya Putin dinobatkan sebagai manusia paling berkuasa di dunia.

“Presiden Rusia ini telah memberikan pengaruhnya di hampir setiap sudut dunia. Dari tanah airnya ke Suriah hingga ke pemilihan Presiden Amerika Serikat, Putin terus mendapatkan apa yang dia inginkan,” tulis majalah bisnis Amerika Serikat itu.

Sementara itu, Kanselir Jerman Angela Merkel, yang menjadi pelindung bagi perekonomian Eropa selama sebelas tahun menempati urutan ketiga. Merkel berencana maju dalam pemilihan Kanselir Jerman tahun depan. Urutan keempat ditempati Presiden Cina Xi Jinping dan kelima ditempati Paus Fransiskus.

Barack Obama, Presiden AS yang akan digantikan Donald Trump, merosot dari orang nomor dua paling berpengaruh di dunia pada 2015 lalu menjadi urutan 48 tahun ini.

Forbes menobatkan 74 sosok paling berkuasa di dunia untuk tahun 2016. Mereka semua dianggap sebagai sosok yang menggerakkan dan mengguncang dunia.

Ada 11 nama baru dalam daftar tahun ini, termasuk Theresa Mei, Perdana Menteri Inggris (ke-13); Travis Kalanick, CEO Uber (ke-64); Bob Iger, CEO The Walt Disney Company (ke-67); Mike Pence, Wakil Presiden AS terpilih (ke-69); Rodrigo Duterte, Presiden Filipina (ke-70); dan Sheldon Adelson, CEO Las Vegas Sands (ke-72). Dua mantan anggota juga kembali ke daftar tahun ini: Antonio Guterres, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (ke-36), Recep Erdogan, Presiden Turki (ke-56). (imt/berbagai sumber)

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here