Turunkan Emisi Karbon, Gubernur Jatim Minta Padamkan Listrik Satu Jam

0
89

 Nusantara.news, Surabaya – Gubernur Jawa Timur Soekarwo menginstruksikan kepada seluruh jajaran di Pemerintahan di Jawa Timur untuk mematikan listrik selama satu jam pada pukul 20.30-21.30 WIB, Sabtu (25/3/2017).

Pemadaman penerangan listrik selama satu jam itu guna mendukung kampanye global World Wide Fund (WWF), termasuk mengajak masyarakat untuk ikut meningkatkan kepedulian yang berkaitan dengan memperingati Hari Bumi 2017. Upaya ini juga upaya dimaksudkan penurunan emisi karbon dioksida yang memicu pemanasan global dan perubahan iklim.

“Pak Gubernur mengimbau agar seluruh jajaran pemerintahan seperti organisasi perangkat daerah Pemprov Jatim, BUMN, instansi vertikal dan BUMD untuk melaksanakan pemadaman listrik di kantor-kantor pemerintah selama satu jam,” ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Jawa Timur Benny Sampir Wanto, Jumat (24/3/2017) malam.

Benny menyebut, pemadaman penerangan dan menghentikan sejenak peralatan listrik selama satu jam ini dirasakan kecil, tetapi dampaknya sangat besar bagi keberlangsungan lingkungan, karena hal itu dilakukan bersama-sama.

“Dengan semakin sedikit listrik yang dipakai, pemanasan global bisa semakin dikurangi,” tambah Benny.

Untuk mendukung program cinta bumi tersebut, Gubernur Jawa Timur telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 015/5451/033/2017, tanggal 24 Maret 2017 yang berisi imbauan pemadaman listrik yang ditandatangani Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Akhmad Sukardi.

Di luar langkah tersebut dan bisa dilakukan berkelanjutan, tambahnya, ada banyak hal untuk kelestarian bumi. Diantaranya seperti pemakaian barang yang menggunakan energi listrik secara tidak berlebihan, pemanfaatan barang-barang bekas untuk dijadikan barang bernilai ekonomis, serta menanam pohon untuk menambah penghijauan. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here