Toleransi dan Kerukunan antar Umat Beragama

Umat Katolik Turut Doakan KH Hasyim Muzadi

0
51
Doa umat Katolik untuk wafatnya KH Hasyim Muzasi di Gereja Gembala Baik Kota Batu

Nusantara.news, Kota Batu – Kepergian untuk selama-lamanya tokoh besar Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Muzadi yang juga anggota Wantimpres  itu pada Kamis (16/3/2017) meninggalkan duka yang teramat dalam bagi seluruh bangsa Indonesia.

Sebagai bentuk penghormatan kepada KH Hasyim Muzadi,  umat Katolik Kota Batu melakukan doa bersama di Gereja Katolik Gembala Baik Kamis (16/3/2017) lalu. Dalam acara itu Pastur Kepala Gereja Gembala Baik Kota Batu, Romo Michael Agung Christiputra mengatakan, “Kemarin saat misa yang dilakukan pukul 19.00 WIB , umat Katolik menyempatkan untuk mendoakan meninggalnya tokoh besar NU itu,” ungkapnya ketika dikonfirmasi kembali Nusantara.news

Romo Michael menambahkan, “Kemarin malam misa kanak-kanak Yesus. Di situ kami menyempatkan untuk mendoakan almarhum Hasyim Muzadi. Kami mengajak umat untuk mendoakan beliau.”

Pada agenda ibadah rutin misa Ekaristi yang di gelar di Gereja Gembala Baik, umat Katolik Kota Batu mendoakan agar KH. Hasyim Muzadi dapat tempat yang baik di sisi Tuhan. Doa Rosario pun dipanjatkan dengan khidmat untuk KH. Hasyim Muzadi melalui ritual tersebut.

“Marilah kita semuanya mendoakan agar KH Hasyim Muzadi dapat tempat layak disisi-Nya. Kita semua turut menyayangkan akan hal ini, kita semua berduka karena ulama besar berpulang,” ujarnya saat memimpin doa kamis (16/3/2017) lalu.

Ia menjelaskan bahwa hal ini sebagai wujud toleransi dan tenggang rasa antar umat beragama dalam menyikapi kepergian salah satu ulama besar Indonesia.

“Hal ini juga adalah salah satu langkah untuk menjalin hubungan antar masyarakat untuk hidup berdampingan lintas kepercayaan, karena banyak isu yang berkembang seakan mengadu domba antar agama,” jelasnya

Menjunjung Toleransi

Pihaknya menilai KH Hasyim Muzadi, merupakan salah seorang tokoh agama yang sangat menjunjung tinggi toleransi dan semangat kerukunan beragama. “Beliau merupakan tokoh besar yang menjaga nasionalisme bangsa. Kami semua sangat kehilangan sosoknya yang begitu mengayomi kerukunan umat beragama,” ungkapnya.

Romo Agung masih ingat pesan KH Hasyim Muzadi, ketika beberapa tahun lalu sempat berdialog dengan dia. Saat itu KH Hasyim Muzadi menitipkan pesan untuk selalu  menjaga dan menghormati setiap umat. Tak hanya itu, KH Hasyim Muzadi juga selalu menekakan pentingnya filosofi Pancasila.

“Kami semua sangat kehilangan sosoknya. Tokoh agama yang selalu mengajak diskusi lintas agama tentang keberagaman,” imbuhnya. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here