Uskup Malang: KH Hasyim Muzadi Pejuang Kerukunan Umat Beragama

0
96
Jpeg

Nusantara.news, Kota Malang – Berpulangnya KH Hasyim Muzadi menebarkan duka cita yang mendalam ke berbagai kalangan. Pesantren Al-Hikam Malang dipenuhi ribuan pelayat. Terlihat beberapa pejabat negara dan tokoh-tokoh besar pun berdatangan ke Pondok Pesantren Al-Hikam untuk melayat kepergian mantan Ketua PBNU tersebut.

Salah satunya adalah Prof. Dr. Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm, Uskup dari Keuskupan Malang. Romo Pidyarto juga datang ke Pondok Pesantren Al-Hikam untuk berbela sungkawa atas kepergian tokoh beBesar umat Islam tersebut.

“Kami merasa kehilangan salah seorang tokoh besar seperti beliau, seorang tokoh agamawan yang begitu konsisten mengusahakan toleransi dan kerukunan umat beragama,” ujarnya.

Pidyarto mengatakan, Keuskupan Malang  sering berkomunikasi dengan Almarhum. “Beliau mengunjungi gereja kami untuk sekedar menjalin hubungan baik, berdiskusi dan berdialog dengan beberapa orang di gereja kami,” kata dosen teologi di STFT Widya Sasana Malang ini.

“Beliau merupakan orang yang dekat dengan masyarakat, tidak membeda-bedakan siapa kamu dan apa agamamu,” jelasnya kepada Nusantara.news, Kamis (16/3/2017)

Apabila ada konflik di masyarakat, KH Hasyim Muzadi kerap kali menjadi penengah untuk menyeleseikan permasalahan “Orang yang menghargai perbedaan pendapat, sangat sederhana, rendah hati dan ngawulo, berwibawa dan tidak membutuhkan penghormatan yang tinggi, imbuh Romo Pidyarto

Dijelaskannya, kedatangannya  ke kediaman KH Hasyim Muzadi, selain untuk bertakziah, juga sebagai tanda penghargaan yang tinggi kami kepada tokoh besar tersebut.  “Sekaligus kami ingin menjalin hubungan lebih dekat agar dapat hidup berdampingan meskipun dalam perbedaan,” ujarnya

Romo berharap agar orang dapat mewarisi sikap dan perilaku KH Hasyim Muzadi sebagai tokoh agamawan yang menghargai toleransi “Semoga banyak penerus yang memeiliki semangat seperti beliau,” harap Romo Pidyarto. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here