Resahkan Warga, Walhi Desak Pemkot Kelola Kembali TPS Pandanwangi

0
52

Nusantara.news, Kota Malang – Gunungan sampah di TPS Pandanwangi yang hari ini meresahkan warga sekitar karena pembiaran sampah dari dinas terkait. Hal ini menjadi permasalahan baru bagi masyarakat pandanwangi, yang sebelumnya sering kebanjiran.

Dewan Daerah Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jatim Purnawan Dwikora Negara, melalui rilis yang diterima nusantara.news, Selasa (14/2) mendesak Pemkot Malang melakukan pengelolaan kembali TPS Pandanwangi yang hingga hari ini kondisinya meresahkan warga.

Purnawan dengan tegas meminta Pemerintah Kota Malang melalui dinas terkait melakukan langkah konkret agar lingkungan tidak terjadi kerusakan lingkungan yang kemudian meresahkan masyarakat sekitar.

“Jangan sampai Pemerintah membiarkan kondisi seperti ini, merujuk dalam aturan UU Nomor 18 tahun 2008 ada ketentuan Pemerintah Kota tidak boleh membiarkan bekas tempat pembuangan sampah  terlantar begitu saja, tanpa ada tindakan.” ujar Purnawan yang kerap disapa Pupung

Walhi memberikan saran untuk pemkot wajib melakukan Restorasi Ekologi yaitu proses pemulihan ekosistem yang telah terdegradasi akibat penanganan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang tidak benar.

“Contohlah Tanjung Puri, Sidoarjo. Daerah tersebut merupakan bekas TPS. Saat ini sudah berubah menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ditanami banyak pohon. Bahkan, menjadi tempat belajar tentang lingkungan,” tandasnya []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here