Warga dan BPBD Kota Batu Perkuatkan Desa Tangguh Bencana

0
73
Kegiatan luar ruang bertema Character Building yang diadakan Forum Anak Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu

Nusantara.news, Kota Batu – Bencana memang tidak bisa diprediksi kapan terjadinya. Kawasan perdesaan merupakan daerah yang rentan dan rapuh tertimpa bencana. Untuk itu, kawasan ini harus kembali diperkuat guna membangun desa dengan kapasitas tangguh bencana.

Terkait dengan antisipasi bencana di wilayah perdesaan Pemkot Batu mencangkan Desa Tangguh Bencana (Destana). Staf Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Batu, Endy Suhadi mengungkapkan, agenda ini ditujukan agar korban atau dampak bencana dapat diminimalisasi.

“Desa Tangguh Bencana itu masyarakatnya harus betul-betul mampu memahami apa yang harus mereka lakukan. Makanya justru Desa Tangguh Bencana ini yang kita kuatkan,” ungkap Endy.

Ia menambahkan, perlunya peningkatan dan penguatan kapasitas nasyarakat desa tangguh bencana, karena mereka nantinya yang akan menyelamatkan nyawa dan harta benda yang dimiliki masyarakat ketika terjadi bencana, dan tidak bergantung pada peran BPBD. “Mereka juga orang yang paling cepat mendapat akses di lokasi bencana, karena mereka adalah penduduk desa itu sendiri,” tambah dia.

Menurut catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batu, Desa Sisir merupakan desa paling tangguh bencana. Bahkan, ketangguhan Desa Sisir diakui se-Jawa Timur. “Sisir memang punya tim relawan tanggap bencana yang terdiri dari warga dan perangkat desa. Mereka sangat aktif dalam kegiatan di desanya, bahkan sering kami (BPBD) libatkan untuk membantu sosialisasi di sekolah atau desa lain,” imbuh Endy Suhadi.

Menanggapi program BPBD Kota Batu tentang Destana, masyarakat Kota Batu menyambut baik. Sejumlah warga menyatakan dukungannya dan siap membantu untuk menyukseskan pembentukan desa tanggung bencana ini.

Waluyo, salah satu warga Desa Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, mengungkapkan bahwa program merupakan agenda yang baik. Ia merasa yakin jika warga lainnya juga mendukung agenda ini. “Warga siap berpartisipasi penuh dalam menjadikan desa tangguh dan siap mengatasi bencana terjadi, guna kenyamanan dan keamanan dalam berkehidupan,” ujarnya kepada Nusantara.news, Sabtu (1/4/2017). []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here