Zulkifli Hasan Sebut Bu Khofifah Gubernur Kita

0
82
Zul Has "Bu Khofifah Insya Allah Gubernur kita, Gubernur Jawa Timur. Saya punya keyakinan kuat Ibu Khofifah menang di Pilgub Jawa Timur" (Foto: Tim KIP)

Nusantara.news, Surabaya – Di acara ‘Cakrukan Bareng Zulkifli Hasan’ di Kediri, Khofifah menegaskan kalau semua kader Partai Amanat Nasional (PAN) telah merapatkan barisan, itu akan semakin menguatkan dan memantapkan pasangan Khofifah-Emil Elistianto untuk menang di Pemilihan Gubernur Jawa Timur, 27 Juni 2018.

Pasangan Khofifah-Emil yang diusung tujuh partai politik, diprediksi akan memenangi Pilkada Serentak untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, menggantikan dan meneruskan pemerintahan Soekarwo. “Sekarang ada emak yang sedang berjuang di Pilgub Jawa Timur. Semoga semua memberi dukungan kepada nomor satu,” ujar Khofifah di Convention Hall SLG, Kediri, Senin (23/4/2018).

Selain kepada kader PAN, Khofifah juga mengajak semua pihak pendukungnya untuk merapatkan barisan dan menuntaskan ikhtiar menuju kemenangan. Mengantarkan pasangan Khofifah-Emil duduk di kursi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim. “Mari kita tuntaskan ikhtiar batin ini,” lanjut Khofifah yang disampaikan di hadapan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan serta ribuan kader PAN yang memadati gedung itu.

Di kesempatan yang sama Zulkifli juga mendoakan Khofifah agar bisa menjadi Gubernur Jawa Timur. Dirinya juga sangat yakin kader PAN di Jawa Timur bisa mewujudkan hal tersebut.

“Bu Khofifah Insya Allah Gubernur kita, Gubernur Jawa Timur. Saya punya keyakinan kuat Ibu Khofifah menang di Pilgub Jawa Timur,” tegas Zulkifli disambut teriakan menang dan tepuk tangan ribuan kader.

Jatim Perlu Pemimpin Seperti Khofifah

Zukifli menyebut, Jawa Timur perlu pemimpin seperti Khofifah. Menurutnya, Khofifah adalah pemimpin yang kuat dalam hal agama. Kinerjanya juga terbukti untuk memajukan negeri ini. Selain pernah menjadi wakil rakyat di DPR, dua jabatan menteri yang pernah diamanatkan kepada dirinya juga sebagai bukti pengabdian perempuan asal Surabaya itu juga tak diragukan akan memajukan Jawa Timur menjadi lebih baik.

“Kalau nggak kuat agamanya, nggak cinta ulama, nggak akan berkembang dengan baik,” ucap Ketua MPR itu.

“Zukifli Hasan menyebut, Jawa Timur perlu pemimpin seperti Khofifah. Menurutnya, Khofifah adalah pemimpin yang kuat dalam hal agama, kinerjanya juga terbukti” (Foto: Tim KIP)

Lanjut Zulkifli, Jawa Timur sangat banyak jumlah penduduknya. Bahkan, jumlah penduduk Jawa Timur menurut Zulkfili, melebihi jumlah penduduk Malaysia.

“Di belahan dunia mana pun, akan maju suatu negara atau provinsi itu tergantung siapa yang ngurus atau memimpinnya,” ucap Zulkifli.

Sentuhan Teknologi untuk Majukan UMKM

Khofifah, saat berbincang dengan ibu-ibu pelaku industri kecil saat bertandang ke Sentra UKM Kampung Kemucing di Desa Turus, Gurah, Kediri yang menjadi salah satu jujugan kampanyenya, mengatakan UKM menjadi bagian sabuk untuk mewujudkan kesejahteraan di Jawa Timur.

“Proteksi komprehensif yang disusun pasangan Khofifah-Emil untuk sentuhan UKM terinci di program Nawa Bhakti Satya, salah satunya mempertemukan pelaku usaha dan pasar. Bersama Emil. Khofifah mengatakan, sudah menggagas Pusat Informasi Super Koridor” (Foto: Tim KIP)

Namun, kepada pelaku UKM harus diberikan proteksi dan intervensi agar bisa terus bertahan, tidak sampai mati lantaran tergerus modernisasi serta arus perdagangan bebas. Lanjut Khofifah, kepada para pelaku UKM harus diberikan sentuhan teknologi dalam proses penggarapan jenis UKM.

“Dibutuhkan intervensi teknologi. Mereka masih menggunakan teknologi yang sangat manual. Kemucing di sini dibuat menggunakan tali rafia,” katanya,

Terang Khofifah, misalnya dalam proses untuk menghaluskan tali rafia sampai halus. Ibu-ibu yang melakukan pekerjaan itu hanya menggunakan jarum untuk membelah hingga halus, dan tipis, tanpa memakai peralatan. Memang, sangat manual sekali, misalnya mereka menggunakan sejumlah jarum yang ditusukkan ke busa sandal kemudian dipakai untuk menyisir tali rafia seperti menyisir rambut, agar bisa halus.

Ke depannya, Khofifa ingin digunakan sentuhan teknologi untuk membantu proses para pelaku UKM. “Harus ada sentuhan teknologi, bisa masuk ke kampung ini. Kemudian, di depan kampung pun harus ditambahkan penanda bahwa di sini ada sentra usaha pembuatan kemucing. Sehingga itu akan memungkinkan terbantunya promosi,” urai Khofifah.

Dia menguraikan di dalam program Nawa Bhakti Satya yang tertuang dalam visi misi pasangan itu maju dua Pilgub Jawa Timur, terdapat program Jatim Berdaya, yang salah satunya menggagas adanya Communal Branding. Penguatan promosi agar kampung tersebut akan terus menjadi viral, kemudian menerima lebih banyak order dari pasar.

Untuk memajukan UKM juga harus ditempuh mediasi akses pemasaran agar bisa tembus ke pasar lebih besar dan ke pasar modern. Maka harus ada standarisasi kualitas, di situlah peran communal branding sangat diperlukan.

Kemudian, proteksi komprehensif yang disusun pasangan Khofifah-Emil untuk sentuhan UKM juga terinci di dalam program Nawa Bhakti Satya, yakni mempertemukan pelaku usaha dan pasar. Dirinya mengaku, bersama pasangannya Emil, sudah menggagas Pusat Informasi Super Koridor.

“Ada lima pusat informasi super koridor yang telah kami siapkan untuk didirikan di lima Bakorwil di Jawa Timur. Pusat Informasi Super Koridor ini akan menjadi jembatan bagi pelaku UKM untuk menemukan pembeli. Pemprov Jatim akan menyiapkan operator, translator, dan juga pengacara yang siap membantun pembuatan kontrak pemasaran,” urainya.

Khofifah juga menyampaikan kalau tidak semua orang mengetahui dan gampang menemukan barang yang diinginkan. Untuk itu, dengan disiapkan cara itu akan membantu pelaku UKM dan calon pembeli bertemu kemudian terjadi transaksi.

Untuk diketahui, di sentra UKM itu sedikitnya ada 200 wanita yang setiap hari bekerja di empat pelaku usaha pembuatan kemucing. Ekonomi rumah tangga mereka pun ikut terangkat dengan penghasilan rutin yang didapat dari membuat kemucing.

Sementara, ditanya soal sosok Khofifah mereka mengakui dan menyebut Khofifah adalah sosok perempuan yang amanah dan dibutuhkan oleh warga Jawa Timur. “Insya Allah kalau Ibu Khofifah menjadi gubernur semua pelaku UKM ini akan lebih baik. Kami akan mendukung dan mencoblos nomor satu,” kata sejumlah perempuan pekerja di sentra UKM itu, dengan serentak.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here